Unicef Dukung Hak Anak-anak Indonesia

Diposting pada

Salah satu pondasi penting untuk mewujudkan masa depan Indonesia yang berkelanjutan adalah memastikan terpenuhinya hak-hak anak sebagai generasi penerus bangsa sehingga anak-anak dihormati, dilindungi, dan dipenuhi hak-haknya.

Unicef Dukung Hak Anak-anak Indonesia

Dengan dukungan UNICEF, pemerintah Indonesia akan terus melaksanakan upaya pencapaian 139 indikator SDGs tentang kesejahteraan anak, termasuk mengentaskan kemiskinan anak dan menurunkan angka kekerasan terhadap anak sehingga setiap anak bebas dari diskriminasi, penelantaran, eksploitasi, juga kekerasan.

Organisasi UNICEF yang bermarkas besar di kota New York, Amerika Serikat ini didanai oleh Dewan Besar Ekonomi dan Sosial PBB. Namun pembiayaan tersebut nampaknya tidak mampu untuk menutupi segala proyek yang dilakukan oleh UNICEF. Sehingga UNICEF mengakali dengan membuka jalur penggalangan donasi.

UNICEF juga membuka kemitraan guna mencapai tiga tujuan penting, yakni meningkatkan kebijakan umum, memperkuat kapasitas teknis, dan mengembangkan pendekatan dan praktek yang inovatif. Kemitraan yang melibatkan UNICEF Indonesia ditujukan untuk menambah nilai bagi upaya yang sudah ada. Serta pembukaan dukungan dan donasi yang mampu disalurkan melalui kemitraan yang sudah ada.

Dua tahun lalu, juga di New York, Indonesia meluncurkan SDGs Baseline Report on Children in Indonesia sebagai pedoman faktor-faktor kunci pelaksanaan SDGs yang berdampak positif bagi anak Indonesia.

Kali ini Indonesia meluncurkan Achieving the SDGs in Indonesia: Emerging Findings for Reaching the Goals. Laporan tersebut menunjukkan tren demografi dan kondisi ketimpangan saat ini berpotensi meningkatkan tingkat kemiskinan anak, terlebih jika kondisi makro ekonomi Indonesia memburuk.

Indonesia adalah satu dari negara-negara pionir yang menandatangani Convention on the Rights of the Child (CRC) pada 1990. Sejak itu, CRC jadi fondasi penting bagi penyusunan aturan hukum dan perundangan di Indonesia, juga jadi masukan bagi rencana pembangunan jangka menengah nasional, dengan fokus pemenuhan dan perlindungan hak-hak anak.

Untuk itu, Indonesia dibantu Unicef memperluas investasi di bidang perlindungan sosial untuk menghadang risiko berkembangnya potensi ini dengan penggalangan donasi. Ini cara berhenti donasi Unicef untuk para donatur.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *