Pengertaian Web Dan Website

Diposting pada

Pengertian Web

Web adalah nama umum untuk World Wide Web, subset dari Internet yang terdiri dari halaman-halaman yang dapat diakses oleh browser Web. Banyak orang beranggapan bahwa Web sama dengan Internet, dan menggunakan istilah-istilah ini secara bergantian.

Namun, istilah Internet sebenarnya mengacu pada jaringan global server yang memungkinkan pertukaran informasi yang terjadi melalui Web. Jadi, meskipun Web membuat sebagian besar Internet, tetapi mereka tidak satu dan sama.

Halaman web diformat dalam bahasa yang disebut Hypertext Markup Language (HTML). Ini bahasa ini yang memungkinkan pengguna untuk mengklik halaman di Web melalui tautan. Web menggunakan protokol HTTP untuk mengirimkan data dan berbagi informasi. Browser seperti Internet Explorer, Google Chrome atau Mozilla Firefox digunakan untuk mengakses dokumen Web, atau halaman Web, yang terhubung melalui tautan.

Web hanyalah salah satu cara informasi dibagikan melalui Internet; lainnya termasuk email, pesan instan dan File Transfer Protocol (FTP).

Pengertaian Web Dan Website

Pengertian Website

Website adalah kumpulan halaman Web yang dapat diakses publik dan saling terkait yang berbagi satu nama domain. Website (situs web) dapat dibuat dan dikelola oleh individu, grup, bisnis atau organisasi untuk melayani berbagai keperluan. Bersama-sama, semua situs web yang dapat diakses publik merupakan World Wide Web.

Website juga dikenal sebagai tampilan web.

Website hadir dalam variasi yang hampir tak ada habisnya, termasuk situs pendidikan, situs berita, forum, situs media sosial, situs e-commerce, dan lain sebagainya. Halaman-halaman dalam Website biasanya merupakan campuran teks dan media lainnya.

Meskipun tidak ada aturan yang menentukan bentuk situs web, namun, banyak situs mengikuti pola standar beranda yang menaut ke kategori dan konten lain di dalam situs web.

Awalnya, situs web dikategorikan berdasarkan domain tingkat atas. Meskipun ekstensi domain tingkat atas ini masih ada, tidak banyak berbicara tentang konten aktual situs web.

Beberapa contoh:

  • Situs web lembaga pemerintah = .gov,
  • Situs web lembaga pendidikan = .edu,
  • Situs web organisasi nirlaba = .org
  • Situs web komersial = .com,
  • Situs informasi =. info

Ekstensi “.com” sejauh ini merupakan domain paling populer, panjang dengan banyak ekstensi khusus negara lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *