Penciptaan World Wide Web (WWW)

Diposting pada

Penciptaan World Wide Web (WWW) tidak terlepas dari Gopher. Gopher adalah sistem pengambilan informasi yang digunakan pada awal tahun 1990, memberikan suatu metode penyampaian menu link ke file, sumber daya komputer dan menu lainnya. Menu-menu ini bisa melintasi batas-batas dari komputer dan menggunakan Internet untuk mengambil menu dari sistem lain.

Penciptaan World Wide Web (WWW)

Sistem ini sangat populer pada saat banyak universitas yang sedang mencari sistem yang dapat memberikan informasi ke seluruh kampus dan organisasi besar yang mencari sistem untuk memusatkan penyimpanan dan manajemen dokumen.

Gopher diciptakan oleh University of Minnesota. Pada bulan Februari 1993, mereka mengumumkan akan menarik biaya lisensi penggunaan referensi implementasi server Gopher. Akibatnya, banyak organisasi mulai mencari alternatif untuk Gopher.

Dewan Eropa untuk Riset Nuklir ( CERN ) di Swiss memiliki alternatif tersebut. Tim Berners – Lee membuat suatu sistem informasi manajemen, di mana teks bisa berisi link dan referensi ke dokumen lain yang memungkinkan pembaca untuk cepat melompat dari satu dokumen ke dokumen.

Dia telah menciptakan server untuk penerbitan dokumen dengan corak ini (disebut hypertext) serta program untuk membacanya, yang dia sebut WorldWideWeb (WWW). Perangkat lunak ini pertama kali dirilis pada tahun 1991. Dan kelak, akan terjadi dua peristiwa menyebabkan popularitas sistem ini meledak dan akhirnya menggantikan Gopher.

Pada tanggal 30 April 1993 CERN merilis kode sumber WorldWideWeb ke domain publik, sehingga siapa pun bisa menggunakan atau membangun perangkat lunak tanpa biaya. Pada tahun yang sama, NCSA merilis sebuah program yang merupakan gabungan browser web dan klien Gopher, disebut Mosaic.

Awalnya hanya tersedia pada mesin Unix dan dalam bentuk kode sumber, tetapi pada bulan Desember 1993, Mosaic menyediakan versi baru dengan installer untuk Apple Macintosh dan Microsoft Windows. Mosaic cepat meningkat popularitasnya, dan menyeret popularitas Web dan website.

Jumlah browser web yang tersedia meningkat secara dramatis, banyak yang dibuat oleh proyek-proyek penelitian di universitas dan perusahaan, seperti Telenor (sebuah perusahaan komunikasi Norwegia), yang menciptakan versi pertama dari browser Opera pada tahun 1994.

 

Penciptaan World Wide Web (WWW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *