Asal Usul Internet

Diposting pada

Pada tanggal 4 Oktober tahun 1957 terjadi suatu peristiwa yang akan mengubah dunia. Uni Soviet berhasil meluncurkan satelit pertama, disebut Sputnik 1, ke orbit bumi. Peristiwa ini mengejutkan dunia, terutama Amerika Serikat, yang memiliki program yang sama tetapi belum meluncurkan satelit.

Kejadian ini menyebabkan dibentuknya Departemen Pertahanan AS, yaitu ARPA. Proyek mereka yang paling terkenal dan yang paling banyak digunakan adalah penciptaan Internet.

Asal Usul Internet

Pada tahun 1960, ilmuwan psikologi dan komputer Joseph Licklider mempublikasikan sebuah makalah berjudul Simbiosis Manusia-Komputer, gagasan tentang suatu jaringan komputer yang menyediakan penyimpanan dan pengambilan informasi yang canggih. Pada tahun 1962, sementara bekerja untuk ARPA sebagai kepala kantor pengolahan informasi, ia membentuk sebuah kelompok untuk penelitian komputer lebih lanjut, tetapi meninggalkan grup sebelum menghasilkan karya nyata dari gagasan tersebut.

Rencana jaringan komputer ini (yang akan disebut ARPANET) disajikan pada bulan Oktober 1967 dan bulan Desember 1969 jaringa pertama empat komputer sudah dibangun dan berjalan. Masalah utama dalam menciptakan jaringan ini adalah bagaimana menghubungkan jaringan fisik yang terpisah tanpa menghabiskan sumber daya jaringan untuk sambungan yang konstan.

Teknik yang memecahkan masalah ini dikenal sebagai packet switching yang memecah data menjadi potongan kecil (paket) yang dapat diproses dengan cepat tanpa menghalangi komunikasi dari pihak lain. Prinsip ini masih digunakan untuk menjalankan Internet saat ini.

Konsep ini diadopsi secara luas, beberapa jaringan lain bermunculan menggunakan teknik paket switching yang sama, misalnya X.25 (yang dikembangkan oleh International Telecommunication Union) yang membentuk dasar bagi jaringan universitas pertama Inggris, JANET (memungkinkan universitas-universitas Inggris untuk mengirim dan menerima file dan email).

Lalu jaringan publik Amerika, CompuServe (sebuah perusahaan komersial yang memungkinkan perusahaan kecil dan individu akses ke sumber daya komputer bersama, yang kemudian diikuti oleh akses internet). Jaringan ini, walaupun memiliki banyak koneksi, lebih menyerupai jaringan pribadi daripada Internet hari ini.

Maraknya protokol jaringan yang berbeda ini segera menjadi masalah, ketika mencoba untuk menyambungkan semua jaringan yang terpisah untuk berkomunikasi. Robert Kahn, yang bekerja pada sebuah proyek jaringan paket satelit untuk ARPA, mulai mendefinisikan beberapa aturan untuk arsitektur jaringan yang lebih terbuka untuk menggantikan protokol yang saat ini digunakan dalam ARPANET.

ARPANET kemudian bergabung dengan Vinton Cerf dari Stanford University, keduanya menciptakan sebuah sistem yang menyembunyikan perbedaan antara protokol jaringan dengan menggunakan standar baru. Dalam publikasi draft spesifikasi pada bulan Desember 1974, standar baru ini disebut Internet Transmission Control Program.

Spesifikasi ini mengurangi peran dari jaringan dan memindahkan tanggung jawab menjaga integritas transmisi ke komputer host. Hasilnya adalah bahwa hal ini menjadi memungkinkan untuk menggabungkan hampir semua jaringan bersama-sama. ARPA mendanai pengembangan perangkat lunak ini, dan pada tahun 1977 sebuah demonstrasi yang sukses dari tiga jaringan yang berbeda untuk berkomunikasi dilakukan.

Pada tahun 1981, spesifikasi diselesaikan, diterbitkan dan diadopsi, dan pada tahun 1982 sambungan ARPANET dari luar AS dikonversi untuk menggunakan protokol TCP/IP baru. Internet seperti yang kita tahu saat ini telah lahir.

 

Asal Usul Internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *